Profil SMP Negeri 37 Purworejo

“Merajut Mimpi Mengukir Prestasi”

A.Profil SMP Negeri 37 Purworejo

SMP Negeri 37 Purworejo yang berada di Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo berusaha memberikan pendidikan dan layanan yang sama kepada seluruh peserta didik, khususnya peserta didik berkebutuhan khusus (pendidikan inklusif) untuk belajar bersama dengan teman sebaya lainnya di kelas reguler. Hal ini bertujuan untuk menjadikan pendidikan sebagai sebuah wahana sosialisasi bagi peserta didik berkebutuhan khusus untuk dapat hidup secara wajar dan mendapatkan perlakuan yang.

SMP Negeri 37 Purworejo memiliki peluang berkembang cukup besar karena letak geografisnya yang strategis. Lokasi sekolah berada di daerah pedesaan dengan tradisi keagamaan serta kegiatan seni dan budaya masih sangat kental.  Keadaan tersebut menjadikan lingkungan yang tenang dan nyaman. Dibalik itu semua ancaman SMP Negeri 37 Purworejo yaitu berada di lingkungan perbukitan atau daerah terasiring yang rawan akan pergeseran tanah dan longsor. Selain ancaman tersebut,hal yang juga menjadi ancaman adalah banyak siswa yang jauh dari orang tua karena merantau sehingga menyebabkan sedikit kurangnya perhatian dalam hal memotivasi belajar para siswa. Oleh karena itu, kegiatan pembentukan budi pekerti dan melestarikan seni budaya tradisional sangat dioptimalkan melalui kegiatan pengembangan diri.

B.Visi SMP Negeri 37 Purworejo

Terwujudnya Lulusan yang Beriman dan Bertaqwa, Berbudaya, Berprestasi dan Terampil

Visi ini menjiwai warga sekolah untuk selalu mewujudkannya setiap saat dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan sekolah. Visi tersebut mencerminkan profil dan cita cita sekolah yang tergambar dalam uraian sebagai berikut :

  1. Berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian
  2. Sesuai dengan norma dan harapan masyarakat
  3. Ingin mencapai keunggulan/ kompetitif
  4. Mendorong semangat dan komitmen seluruh warga sekolah
  5. Mendorong adanya perubahan yang lebih baik
  6. Mendorong warga sekolah yang religius

C.Misi

  1. Menciptakan suasana yang agamis melalui kegiatan keagamaan di sekolah.
  2. Menjalin kerja sama yang harmonis antara warga sekolah, lingkungan terkait dan lembaga pendidikan dan/ atau non lembaga pendidikan dalam upaya meningkatkan akses dan dana;
  3. Membiasakan perilaku santun dalam kehidupan sehari-hari di sekolah;
  4. Menyediakan sarana prasarana penunjang KBM;
  5. Meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar dan bimbingan;
  6. Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik;
  7. Mendorong peserta didik untuk mengikuti perkembangan informasi lewat berbagai media;
  8. Mendorong peserta didik untuk menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi;
  9. Meningkatkan efektivitas kegiatan ekstrakurikuler;
  10. Meningkatkan disiplin dan penerapan tata tertib sekolah;
  11. Meningkatkan mutu pelayanan yang berwawasan kesetaraan gender;
  12. Meningkatkan sarana dan prasarana yang representatif, sehingga peserta didik merasa betah dan semangat untuk belajar;
  13. Memberikan bekal kecakapan hidup peserta didik melalui mata pelajaran keterampilan atau kegiatan ekstrakurikuler yang berwawasan kewirausahaan.(@Rara)